Ayam Burma Dan Gaya Tarung Pukul

Ayam burma kelas 2,8 kg kebawah,saya pikir ayam burma mempunyai kelas yang tidak boleh di lihat dengan sebelah mata saja. Karena cara ayam tersebut memukul,menghindar dan pukulan yang luar biasa tangguhnya. Namun ayam burma bisa dibilang belum mempunyai nama, kecuali ada beberapa ayam burma yang sudah di breeding sehingga  mempunyai bentuk tubuh seperti ayam thai, teknik tarungnya juga seperti thai,daya tahan seperti ayam saigon atau ayam vietnam, akan tetapi pukulan dan daya serang seperti ayam burma itu sendiri. Namun jarang sekali hal itu terwujud di kalangan saat ini. Walaupun ayam burma tersebut dijauhi banyak orang kalangan,namun tidak sedikit pula yang berhasil  untuk memenangkan pertarungan melawan ayam burma tersebut.

ayam burma

Ayam burma original atau f1 :

  1. Berat badan ayam ini kurang lebih di bawah 3 kg.
  2. Postur tubuhnya pun mirip sekali dengan ayam kampung yang ada di negara kita.
  3. Tulangan ayam ini relatif kecil ( kecuali sudah di Crossbreeding )
  4. Mempunyai jari-jari kaki yang kecil dan panjang.
  5. Jenis bulu yang di miliki ayam ini adalah cenderung menjauhi warna ayam thailand. Ayam thailand memiliki warna dominan seperti kuning merah, merah hitam, atau pun hitam dan lainnya. Sementara ayam ini lebih kepada warna warna campuran dari merah, abu-abu, wido serta menjauhi warna primer ayam thailand ( bangkok )
  6. Ayam original ( asli ) Myanmar ini mempunyai gaya tarung yang unik yaitu, nimpuk atau nampar atau pranggal atau apapun itu sebutannya yang mendefiniskan bagaimana ayam ini bertarung tanpa mematuk kepala ataupun mematuk bagian tubuh lain sebelum memukul, jadi ayam ini berlaku spontan langsung memukul dan ini merupakan cara jitu untuk melukai tubuh lawan, kelebihan lain ayam ini adalah, mereka mempunyai sifat memukul tanpa mematuk. Dengan begitu mereka pun susah sekali untuk di patuk, cara ayam ini menghindar pun terbilang unik, ada yang dengan cara mundur sambil memukul, atau berlari kesamping sambil memukul, ngolong dan jarang sekali terlihat bermain rapat, sehingga untuk ayam ini sangat dianjurkan sekali permainan jangka pendek yang menggunakan Taji dengan catatan kita tahu gaya tarung musuh seperti apa.
  7. Ayam yang memiliki teknik ini, biasanya memukul lawan tanpa mematuknya, memukul dengan tiba-tiba sehingga membuat lawan terkejut. ayam  akan menjaga jarak tetap renggang tak mau dipeluk lawan,ayam tipe ini cendurung menjaga jarak dan kadang-kadang berlari jika lawannya memburu dan memeluknya,cenderung akan bertempur dari arah depan. Ayam tipe ini biasanya ber ukuran 6-7,dan ideal di gandengkan dengan tipe pukul apa saja. Karena ayam seperti ini termasuk ditakuti lawan apaplagi yang memiliki taji yang cukup ganas. teknik seperti ini disebut pukulan tanpa bayangan.

Gaya tarung  dari ayam burma dibandingkan dengan ayam bangkok dibandingkan ayam vietnam sebenarnya berbeda, letak perbedaan dasarnya adalah rata-rata saja, yang artinya tidak semua yang di gambarkan adalah signifikan atau benar 100% gaya ayam bangkok tarung dan pukulanya banyak berfariasi seperti yang di tuliskan di bawah ini.

  • Gaya tarung dan pukulan ayam burma cenderung memukul dari arah depan, banyak nyawat / pukulan tanpa bayangan, banyak selusup baik ke sayap atau pun ke bawah , banyak pukul leher badangaya ayam burma cenderung melakukan pukulan satu tapi berat(mematikan),  kurang pandai walaupun mungkin banyak manuvernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Dewi Elin M