Pengobatan Penyakit Pilek Dan Bubulen Pada Ayam

Penyakit pilek yang menyerang pada ayam, termasuk kategori penyakit yang berbahaya dikarenakan penyakit ini dapat menular dengan cepat dan dapat menyerang ke semua jenis ayam yang ada. Ayam yang menderita penyakit pilek pergerakannya berubah menjadi pasif. Gejala lain yang muncul pada ayam yang terserang pilek adalah nafsu makannya menghilang, kepalanya goyang-goyang, dan sering bersin-bersin. jika kondisi ini dibiarkan berlarut -larut, kondisi ayam akan semakin parah /drop. Dan dari lubang hidung, kedua bola matanya akan keluar semacam cairan yang pada akhirnya nanti dapat membuat hidung ayam tersumbat sehingga membuat ayam menjadi susah bernafas. Penyakit ayam yang disebabkan oleh bakteri himophilus galloinarum  dan dapat menyebar melalui makan, minuman, dan udara. Untuk mengatasi penyebaran penyakit pilek pada ayam, seharusnya segera memindahkan ayam yang sedang sakit ke kandang ayam yang khusus untuk ayam karantina.

cara mengobati ayam

Langkah Pencegahan :

  • Pemberian antibiotik (streptomycin dan sulfanilamida) secara berkala dapat membantu mencegah ayam tidak mudah terserang pilek. Vaksinasi (corryta naccin dan vaksin snot) juga harus dilakukan ketika ayam masih berumur 2 minggu, 1 bulan, 3 bulan dan menjelang usia dewasa.

langkah Pengobatan :

  • Beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit pilek pada ayam adalah neofet, kapsul anti snot dan bubuk coryuit. Dosis pemakaian obat dan cara pemberian obat harus disesuaikan dengan petunjuk yang ada dikemasan obat.
  • Selain itu, penyakit ini juga dapat disembuhkan dengan cara menyuntikkan cairan streptomycim berdosis 0,2 cc / suntikkan / hari. Proses penyuntikkan berlangsung selama 5 hari dengan bagian tubuh ayam yang disuntik adalah leher bagian belakang.
  • Beberapa jenis obat yang biasa dikonsumsi oleh manusia ditengarai juga dapat digunakan untuk mengobati ayam yang sedang terserang penyakit pilek. Mereka adalah refagan dan bodrex. Caranya adalah : satu tablet obat dilarutkan ke dalam 1 sendok air teh dan kemudian diminumkan kepada ayam.

Penyakit Bubulen

1. tahap pertama adalah, di karenakan ayam atau pun burung lama bertengger di tenggeran yang tidak sesuai, yang akan mengakibatkan luka pada pad atau dampal kaki ayam, tanda kemerahan akan timbul dalam beberapa waktu kedepan, maka dengan memberikan cream pada kaki ayam adalah langkah paling baik pada masa itu.

2. tahap serius, pada tahap serius, bagian kaki ayam yang memerah warna nya akan semakin meluas, mengakibatkan ke tidak stabilan pada kaki ayam, untuk kategori ini bisa menggunakan antibiotik untuk pengobatan.

3. tahap fatal. dalam tahap ini, bubul  dengan ukuran yang lebih besar bisa mengakibatkan ayam lumpuh dan jika tidak di tangani dari awal bisa mengakibatkan kematian.

Sebuah penyakit ayam yang sering terjadi pada organ tubuh ayam dibagian kaki, penyakit ini dikenal dengan istilah bubulen, yang sebenarnya adalah penyakit kanker pada bagian kaki ayam. Penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada bagian kaki (pada awalnya) bisa dikatakan atau dikategorikan kanker ganas. Biasanya penyakit ini sering terjadi pada ayam yang usianya menginjak 25 minggu sampai 40 minggu (tahap keganasan), karena pada usia inilah sering terdapat ayam teserag sakit bubulen.

Akibat dari penyakit bubulen  ini adalah

  • Berat badan ayam akan drastis menurun pada saat satu sampai 2 minggu (terhitung dari terjangkit nya infeksi)
  • Ayam akan hilang selera makan
  • Kaki ayam tidak bisa berfungsi dengan baik (pincang) dan lambat laun ayam yang kita andalkan, akan beralih ke ayam unproductive, kenapa?? karena ayam sakit dan jika tidak di rawat, maka ayam akan mati.

Ciri-Cirinya:

Seperti di uraikan di  atas tadi, pertama-tama kaki ayam pada bagian jari2 kaki terlihat warna memerah dan bila di pegang akan terasa sedikit panas,

Lambat laun kian hari kian membengkak dan masih terus berwarna merah, Setelah dalam hitungan 3 sampai 4 minggu (terhitung dari terjadinya infeksi) akan berubah menjadi gumpalan nanah dan akan semakin mengeras pada bagian telapak kaki ayam yang menghidap penyakit tersebut.

Pada dasarnya, jika ayam sudah menghidap penyakit jenis ini, dan yakin bubul  sudah  menyerang kaki ayam 90 % ayam tidak bisa di obati, paling bisa dibuang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Dewi Elin M