Teknik Pemberian Makan Dan Cara Mengobati Paruh Ayam

Teknik Pemberian Makan Ayam Bangkok

Pakan yang diberikan harus mengandung zat – zat yang sangat  dibutuhkan oleh ayam, zat – zat yang dibutuhkan tersebut sebagi berikut :

  • Protein ini berfungsi sebagai zat pembangun tubuh,  protein berguna untuk meningkatkan jumlah otot serta daging, sehingga sangat dibutuhkan oleh anak ayam yang sedang tumbuh sampai berumur 5 bulan dan apa yang sedang dipersiapkan untuk diadu atau untuk menambahkan protein, para pemilik ayam sabung sering menambahkan cincangan daging kambing dalam pakan untuk ayamnya tapi biasanya ayam suka makan daging akan menjadi sangat kejam.
  • Lemak merupakan zat ini juga dibutuhkan ayam yang sedang tumbuh / berkembang, bagi ayam yang akan disabung. Lemak tidak terlalu perlu karena ayam justru harus langsing, singset, dan padat tubuhnya. Jika terlalu banyak lemak, ayam akan keberatan badan sehingga mudah lelah atau tidak mampu untuk memukul.
  • Karbohidrat merupaklan zat ini sangat dibutuhkan oleh ayam  untuk menjaga stamina ayam, dan stamina ayam memang harus diperhatikan karena harus bertarung 5 – 6 ronde, setiap ronde lamanya 15 menit.
  • Vitamin dan mineral. Dua zat ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh

cara mengobati ayam bangkok

serta kelincahan ayam sewaktu bertarung, meskipun jumlah yang dibutuhkan tidak terlalu banyak tetapi  hanya 1 – 2% dari total ransum. Vitamin dan mineral juga berguna sebagai katalisator dalam proses metabolisme, pemberian vitamin B kompleks sangat dibutuhkan untuk meningkatkan aktivitas ayam. Kedua unsur tersebut sangat dibutuhkan untuk metabolisme dan pertumbuhan fisik ayam, seperti pertumbuhan tulang, mencegah kelumpuhan, dan menghindarkan kecacatan pada kaki.

  • Air merupakan selain pakan, ayam juga membutuhkan air, air ini antara lain digunakan untuk proses metabolisme dalam tubuh, air juga diperlukan sebagai pelarut. Hampir 60% tubuh ayam terdiri atas air yang juga berguna dalam proses pencernaan, mengatur suhu badan, dan menyeimbangkan atau mengatur berbagai zat di dalam tubuh ayam.
  • Daun tumbuhan hijau merupakan pakan tambahan bagi ayam bangkok, biasanya hijauan diberikan sejak anak ayam berumur dua bulan. makan daun hijauan berupa kecambah kacang hijau (taoge), kangkung, daun pisang, dan hijauan lainnya yang mengandung air dan tidak memberikan efek racun bagi ayam.
  • Grit adalah bahan yang digunakan untuk membantu pencernaan ayam di tembolok, yaitu berupa kulit kerang atau cangkang bekicot, grit bisa diberikan kepada ayam muda di dalam kandang umbaran, grit tidak boleh diberikan kepada anak ayam di bawah umur tiga bulan karena akan mengganggu atau melukai pencernaannya.

 Cara Mengobati Paruh Atau Patuk Ayam  Yang Terkelupas

Ayam yang habis di abar tapi paruhnya terkena pukul telak hingga paruhnya seperti ada darah yang membeku, bagaimana caranya biar cepat sembuh? kalau di tempat saya bilang hal yang kayak itu disebut “Getem”, efeknya sih nggak terlalu terlihat di ayam itu sendiri, tapi ayam akan sedikit malas untuk mukul dan kemungkinan tiba – tiba lari sendiri, bisa – bisa itu memakan waktu 1.5-2 bulan untuk recovery, dan kalau tidak hati hati paruh yang biru itu akan lepas, sebaiknya jangan di adu dulu sampai sembuh, berikan obat anti inflamasi seperti trombophop atau yang lainya, kalau si empunya rajin, di kompress dengan air hangat-hangat kuku dan biarkan ayam istirahat sampai sembuh, ayam saya pernah mengalami kejadian yang sama, untuk satu sampai 2 minggu saran saya ayam jangan dikasih makanan yang keras, terus dikasih air hangat dan diolesi dengan blimbing wuluh, kira – kira 1,5 bulan gethemnya hilang, kalau boleh kasih saran, bagian paruhnya  yang lebam, sebaiknya dikerok pakai pisau kemudian diolesi dengan kapur siri (jawa + enjet), untuk mempercepat pengerasan paruh selanjutnya bisa dolesii bawang putih, moga cepet sembuh, sekedar tambahan,itu ayam paruh yg memar tersebut di kerik dengan pisau jalu secara perlahan dan bertahap lalu ambil buah belimbing dan di oleskan ke paruh tersebut atau pake kapur sirih dan gambir yg sudah di cairkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Dewi Elin M