Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Yang Bagus (Bagian 1)

Cara membuat kandang ayam yang bagus perlu Anda perhatikan karena akan sangat berdampak pada kesehatan dan daya tahan ayam. Pada jaman sekarang kondisi lingkungan perternakan banyak mengalami perubahan yang sangat cukup besar, mulai dari kondisi suhu yang semakin meningkat disebabkan pemanasan global, dan semakin jenuhnya kondisi ligkungan peternakan,perubahan ini tentu akan memberikan dampak terhadap peforma terhadap ayam yang kita pelihara. Akan tetapi penurunan produksi telur maupun heat stress, menjadi manifestasi respon ayam terhadap perubahan tersebut. beberapa langkah pencenggah pengendalian harus dilakukan untuk meminimalkan efek ini, tetapi salah satu yang akan dibahas kali ini adalah manajemen kandang ayam bangkokTeknik Pukulan Ayam Bangkok / Ayam Aduan . Read more ... » yang bagus.

Kandang yang Nyaman

Kandang dikatakan nyaman jika ayam betah tinggal di dalamnya sehingga dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal. Ada beberapa parameter yang menunjukkan kenyamanan kandang ini, diantaranya ialah :

Suhu dan kelembaban

Suhu dan kelembaban yang nyaman untuk ayam dewasa ialah 25-28°C dan 60-70%. Namun saat masa brooding (indukan), suhu yang nyaman untuk anak ayam berkisar 33-29°C (berkurang secara periodik sejalan dengan bertambahnya umur). Ayam akan langsung memberikan respon saat suhu melebihi zona nyaman (comfort zone) diantaranya dengan membuka sayap, mencari tempat dingin dan panting (megap-megap).

Sirkulasi udara

Sistem ventilasi udara yang baik akan menjaga kualitas udara tetap optimal bagi ayam. Udara kotor yang bercampur dengan amonia dan CO2 akan bisa terbuang keluar kandang digantikan dengan oksigen. Pengaturan buka tutup tirai, lebar dan tinggi lantai maupun jarak antar kandang sangat berpengaruh terhadap sistem ventilasi udara.

Kepadatan
Standar kepadatan ayam yang ideal adalah 15 kg/m2 atau setara dengan 6-8 ekor ayam pedaging dan 12-14 ekor ayam petelur grower (pullet) per m2 nya. Kepadatan yang berlebih akan menyebabkan pertumbuhan ayam terhambat (kerdil) karena terjadi persaingan untuk mendapatkan ransum, air minum maupun oksigen.

Ketersediaan ransum dan air minum

Ransum dan air minum menjadi kebutuhan utama bagi ayam untuk bisa tumbuh dan berkembang. Keduanya harus tersedia dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan.

Kebersihan

Kandang yang bersih akan meminimalkan tantangan bibit penyakit. Seketat apapun program vaksinasi dan pengobatan yang dijalankan namun jika tidak diimbangi dengan kegiatan pembersihan dan desinfeksi kandang, maka kemungkinan untuk terjadi outbreak penyakit semakin besar. Setidaknya lakukan pembersihan tempat ransum dan air minum setiap hari, serta penyemprotan desinfektan setiap 3-4 hari sekali.

Lokasi peternakan yang ideal biasanya jauh dari lokasi pemukiman penduduk, namun memiliki akses transportasi yang lancar. Jarak antar peternakan juga perlu diperhatikan, minimal 1 km. Idealnya kandang sebaiknya membujur ke arah Barat – Timur sehingga intensitas sinar matahari tidak berlebih. Topografi lahan juga perlu diperhatikan sehingga bisa mendukung sistem sirkulasi udara. Ketersediaan sumber air menjadi hal vital yang perlu diperhatikan, terlebih lagi air menjadi kebutuhan utama bagi ayam serta menjadi sarana untuk pembersihan dan desinfeksi kandang.

Untuk lanjutan cara membuat kandang ayamCara Membuat Kandang Ayam Bangkok Yang Bagus (Bagian 2). Read more ... » bangkok yang bagus bisa Anda baca di Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Yang Bagus (Bagian 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL POPULERclose
Dewi Elin M