Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Yang Bagus (Bagian 2)

Lalu lintas personal, kendaraan maupun hewan liar hendaknya dikendalikan, diantaranya dengan penambahan pagar di sekeliling peternakan, serta penggunaan kawat ram pada bagian dinding kandang.

Kondisi kenaikan suhu akibat global warming yang saat ini terjadi, sedikit banyak berpengaruh terhadap struktur kandang. Pemilihan bahan atap yang tepat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi suhu panas di dalam kandang. Penggunaan atap dari bahan seng di daerah bersuhu tinggi tentu akan mengakibatkan heat stress yang dasyat pada ayam.

Ketinggian lantai kandang dengan tanah sebaiknya 1,25 – 1,75 m. Hal ini untuk membantu sirkulasi udara dan meminimalkan pengaruh amonia dari kotoran. Kualitas karkas juga meningkat dengan penggunaan kandang slat ini karena kotoran jatuh ke bawah dan tidak dijadikan alas tidur bagi ayam.

Lebar kandang yang ideal adalah 7 m. Lebar kandang yang cukup akan membantu aliran udara dari dalam kandang keluar dan sebaliknya. Jika terlalu lebar, perlu sekiranya di dalam kandang ditambahkan kipas maupun struktur atap menggunakan monitor.

Jarak antar kandang sebaiknya minimal 1 x lebar kandang. Dan diantara kandang ini sebaiknya diminimalkan adanya tanaman yang bisa menghambat proses sirkulasi udara.

Dan saat ini perkembangan teknologi perkandangan perunggasan begitu pesat. Telah banyak ditemukan di lapangan, kandang ayam dibuat sedemikian bagusnya dengan fasilitas peralatan yang lengkap dan modern. Kandang dibangun dengan sistem ventilasi yang diatur sedemikian rupa sehingga suhu dan kelembaban di dalam kandang tidak terpengaruh kondisi lingkungan. Sistem kandang ini disebut closed house (kandang sistem tertutup). Dalam kandang ini pun ransum dan air minum dapat didistribusikan secara otomatis. Untuk mengetahui dan memahami sistem kandang closed house ini secara detail bisa langsung menghubungi tenaga lapangan (Technical Sales Representatif) Medion yang tersebar di seluruh Indonesia.

Manajemen Perkandangan

Layout dan struktur kandang yang sebaik dan se-modern apapun, jika tidak ditangani dengan manajemen yang baik, maka bukan suatu keniscayaan ayam tidak nyaman tinggal di dalamnya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan manajemen perkandangan :

Persiapan kandang yang optimal

Setelah panen atau afkir, kandang sesegera mungkin dibersihkan dan didesinfeksi. Hal ini untuk menekan berkembangnya bibit penyakit dan mengoptimalkan masa istirahat kandang. Harapannya saat masuk ayam yang baru, tantangan bibit penyakit lebih rendah. Untuk desinfeksi kandang ini bisa menggunakan Formades atau Sporades. Sedangkan untuk peralatan bisa digunakan Medisep. Untuk paralon air minum hendaknya dilakukan pembersihan fisik atau dengan flushing menggunakan asam sitrat atau H2O2.

Tidak ada “harga mati” untuk layout dan struktur kandang. Semuanya dipengaruhi dari kondisi lingkungan peternakan, meliputi suhu dan kelembaban (terendah, tertinggi, maupun fluktuatifnya), jarak antar peternakan, tekstur dan topografi tanah maupun kemampuan finansial peternak. Semua harus dipertimbangkan sesuai dengan kondisi terbaik di masing-masing peternakan.

Salah satu contohnya ialah pengaturan buka tutup tirai yang seharusnya disesuaikan dengan kondisi ayam. Jika ayam bergerombol di sisi kandang dimana tirai belum dibuka, diindikasikan bahwa ada sinar matahari yang masuk atau ada angin kencang.

Atap yang bocor dan lantai panggung yang patah menjadi hal yang sering dijumpai. Saat menemukan kondisi ini hendaknya segera lakukan perbaikan agar tidak mengganggu kenyamanan ayam.

Kandang hendaknya dibersihkan dan didesinfeksi secara rutin. Pembersihan ini tidak hanya dibagian dalam kandang, tetapi termasuk luar kandang yang meliputi selokan (bersih, lancar, air tidak menggenang), semak-semak, dan dilakukan penyemprotan desinfektan (Sporades, Medisep) secara rutin (minimal 1 x seminggu).

Kandang adalah tempat tinggal ayam dalam melakukan semua aktivitasnya. Mulai dengan makan, minum dan tentu saja tumbuh maupun menghasilkan telur. Perlu sekiranya diperhatikan kenyamanan kandang sehingga mampu mendukung tercapainya performan ayam yang optimal. Demikian beberapa panduan dalam cara membuat kandang ayam bangkok yang baik dan benar, semoga bisa bermanfaat bagi para sobat pecinta ayam. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL POPULERclose
Dewi Elin M